Alamak! Dana Panti Asuhan pun Dikorup

panti asuhan

Memang dunia sudah memasuki “zaman edan!” Setelah pengadaan kitab Al-Qur’an dikorup, kini giliran Panti Asuhan menerima nasib serupa.

Kasus korupsi dana panti asuhan ini menjerat dua tersangka, yaitu bekas pejabat di Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Lamongan Bambang Pramono serta Direktur CV Ratna Purnama, Ratna Purnamawati.

Keduanya, sebagaimana diberitakan Tempo (13 Januari 2014) ditengarai mengembat Rp 210 juta dari total Rp 721 juta dari dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Lamongan  2012. Dana yang diduga dikorup berasal dari pos anggaran kegiatan operasional dan pemeliharaan sarana dan prasarana panti asuhan/panti jompo di Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Lamongan.

Obyek bantuan itu seharusnya disalurkan buat 35 panti asuhan pada September-Desember 2012. Belakangan diketahui, bantuan tersebut ternyata macet dan tidak diketahui pertanggungjawabannya.

Kasus ini sekaligus membuktikan bahwa koruptor sudah tidak “pilih bulu”, apa yang nampak dan bisa disulap, diembat tanpa memikirkan perhitungan hari akhirat. Dosa dan pahala sudah tidak lagi menjadi sakral, kesenangan sesaat menghilangkan kebijaksanaan dan akal sehat.

(Ghozali/Mediaikhwan.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *