Banten Sebagai Lumbung Terorisme

26

Penggerebekan teroris di Kampung Sawah dan Rempoa, Ciputat, Tangerang Selatan, Banten, awal tahun ini, mensahihkan hasil survey Maarif Institute Jakarta bahwa Banten ternyata masih sangat potensial sebagai tempat bersemi dan lahirnya teroris. Apalagi Banten memiliki sejarah sebagai daerah asal dari beberapa pelaku terorisme.
Baku tembak yang menewaskan 6 terduga teroris dan melukai satu aparat itu, membuktikan kebenaran asumsi tersebut.
Direktur Maarif Institute Jakarta, Ahmad Fuad Fanani, dalam sebuah diskusi bertemakan ‘Mewaspadai Radikalisasi Kaum Muda’ yang digelar di Rumah Makan Kebon Kubil, Cipocok, Kota Serang (28/12/2013), melansir hasil penelitiannya dari hasil survey 4 kota di Jawa menyebutkan sebagian besar pemikiran pelajar setingkat SLTA masih cenderung radikal. “Ini sangat potensial melahirkan teroris baru,” paparnya.
Sementara itu Ketua Forum Kordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Banten, Rumiah, menyebutkan bahwa orang tua perlu memberikan perhatian lebih kepada anak usia remaja.

“Banten ini perlu kewaspadaan yang sangat serius. Orang tua sangat dianjurkan memberikan perhatian lebih kepada anak mereka yang mulai memasuki usia remaja,” pungkasnya.
Kita semua memang perlu meningkatkan kewaspadaan karena embrio teroris terus berkembang di rahim-rahim kelompok radikal yang menyasar kaum muda.
(Ghozali/Mediaikhwan.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *