Announcement: Fatwa Ulama Saudi: Lebih Baik Membantu Orang Miskin Daripada Naik Haji Berkali-kali

gambar untuk BERITAIbadah haji tahun ini diperkirakan terjadi lonjakan jumlah jemaah yang luar biasa memadati Masjidil Haram. Disisi lain, jutaan umat manusia meratapi nasibnya karena susahnya mengisi perut walau hanya dengan sesuap nasi. Keadaan ini semakin diperparah dengan jumlah orang miskin yang justru tidak berkurang, rumah yang jebol karena bencana alam, dan pengungsi yang memadati tempat-tempat tidak layak angkara gempa bumi, banjir, dll.
Dalam kondisi masyarakat yang dikepung oleh berbagai masalah dan kemiskinan yang sedemikian menggurita, ada fatwa yang menarik dari ulama besar Arab Saudi, Mufti Sheikh Abdul Aziz Al-Asheik.
“Bagi yang sangat mampu, daripada naik haji berkali-kali, lebih baik membantu saudaranya yang miskin.” Demikian pernyataan Mufti Sheikh Abdul Aziz Al-Asheik sebagaimana dilansir dari Saudigazette.
Sheikh mengatakan, sebagai seorang Muslim yang punya uang banyak, lebih baik mengeluarkan sebagian rezekinya untuk membantu umat Muslim lain yang miskin. “Hal ini lebih baik daripada ia yang memang kaya, namun malah naik haji selama berkali-kali,” katanya.
Jutaan umat muslim di dunia memang sangat ingin mengunjungi rumah Allah dan berhaji. Biaya yang besar, terutama bagi umat muslim yang tempat tinggalnya jauh dari Arab Saudi menjadi hambatan yang paling besar. Hambatan lain adalah antrean yang sangat panjang hingga bertahun-tahun, karena kuota keberangkatan yang dibatasi.
Jutaan umat Muslim ini ingin menunaikan rukun Islam yang kelima tersebut. Untuk itu, bagi orang kaya yang sudah pernah naik haji, sebaiknya membantu umat muslim yang miskin saja daripada naik haji berkali-kali sebagaimana fatwa Sheikh Arab Saudi di atas.
(Ghozali/Mediaikhwan.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *