Penghulu Doa

“17Sayyidu ad-Du’a”
“Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan peliharalah kami dari siksa neraka” (Al-Baqarah {2}: 201)

Doa ini, yang dibacakan oleh Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam kepada para sahabatnya radhiallahu ‘anhum, adalah doa yang sangat terkenal sampai-sampai ia tidak pernah ditinggalkan oleh setiap imam, baik ketika ia memimpin doa maupun ketika berdoa sendiri.
Doa ini merupakan intisari dari semua kebaikan dan amal yang kita lakukan, yang pada hakekatnya untuk kebahagiaan dunia dan akhirat serta terhindar dari neraka. Itulah sebabnya, doa ini disebut dengan , artinya penghulu segala doa. Karena ia meliputi doa untuk dunia dan akhirat, untuk menggapai berbagai kesenangan yang bersifat sementara di dunia dan kesenangan yang kekal di akhirat.
Namun, hisab (perhitungan amal) manusia adalah wewenang Allah Ta’ala, sesuai dengan kualitas iman dan amal shalih seseorang. Maka, jangan bersedih jika seandainya kita susah di dunia, mungkin Allah sudah menetapkan kebahagiaan kita di akhirat.
(Ghozali/Mediaikhwan.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *