Supaya Musibah Menjadi Berkah

doa 1

“Sesungguhnya kami milik Allah dan kepada-Nyalah kami kembali” (Al-Baqarah {2}: 156)  

 

Doa ini kerap dibaca oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam dan para sahabat radhiallahu ‘anhum apabila mendapat musibah ataupun cobaan. Doa ini dianjurkan dibaca ketika ditimpa musibah seperti ketakutan, kelaparan, kehilangan harta, ditimpa penyakit dan kematian, atau walau hanya sekedar terpijak duri di jalan.

Doa atau kalimat ini dinamakan istirjaa’ (pernyataan kembali kepada Allah). Disunnahkan menyebutnya pada waktu ditimpa ujian dari Allah, baik besar atau kecil.

Orang yang membaca doa tersebut pada waktu ditimpa musibah, dengan hati yang ikhlas dan pasrah, akan diberi pengampunan dan rahmat oleh Allah sebagaimana dijanjikan Allah dalam firman-Nya berikut:

doa 2 “Mereka itulah yang mendapat keberkatan yang sempurna dan rahmat dari Tuhan mereka dan mereka itulah orang-orang yang mendapat petunjuk” (Al-Baqarah: 157)

Dengan catatan, meyakini musibah atau bala yang kita terima sebagai ketentuan yang sudah tercatat di Luh Mahfuz, jauh sebelum kita diciptakan. Dimana musibah itu adalah bagian dari ujian keimanan untuk mengetahui kesabaran atau keputus asaan kita dengan ketentuan-ketentuan Allah tersebut.

 

Ghozali/Mediaikhwan

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *