TANGAN YANG DICIUM RASULULLAH SAW

Tangan seperti apakah yang mendapat kehormatan dan kemuliaan begitu tinggi sehingga mendapat kesempatan dicium oleh Kekasih Allah SWT???
Dalam sebuah riwayat disebutkan, bahwa tangan sahabat Sa’ad bin Mu’az yang kering kerontang dan kasar dicium oleh Rasulullah SAW, sahabat yang lain pun bertanya, kenapa baginda Rasulullah SAW melakukan hal itu. Rasulullah SAW pun menjelaskan, bahwa tangan itu adalah tangan yang tidak akan disentuh oleh api neraka, tangan itu adalah tangan yang dicintai Allah SWT karena tangan itu digunakan untuk bekerja keras menghidupi keluarganya.
Riwayat tersebut menggambarkan betapa Islam sangat menghargai orang-orang yang memiliki etos kerja yang tinggi. Orang yang bekerja untuk menafkahi keluarganya dapat dikatakan sebagai orang  yang berjihad fi sabilillah, seperti sabda Nabi SAW,

“Siapa yang bekerja keras untuk mencari nafkah keluarganya, maka ia adalah mujahid fi sabilillah” (HR Ahmad)

Mari kita menjadi pribadi yang cekatan, tidak pernah rela ada waktu yang terbuang untuk hal yang sia-sia. Lahan jihad terbuka lebar bagi kita yang ingin bekerja keras menumbuhkan etos dan semangat kerja dalam menafkahi keluarga.

-Ghazali/Mediaikhwan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *